Pawai budaya meriahkan hari jadi Kota Takengon

 Banda Aceh (ANTARA News) – Pawai budaya yang diikuti ribuan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Aceh Tengah memeriahkan peringatan hari jadi Kota Takengon ke-442.

 Pawai budaya yang diikuti ribuan pelajar dari berbagai tingkat pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah tersebut dilepas langsung oleh Bupati setempat Shabela Abubakar di depan kantornya, di Takengon, Sabtu.

 Peserta yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan tersebut terlihat antusias mengikuti pawai budaya yang menampilkan beragam pakaian adat-istiadat dan profesi yang dikenakan oleh masing-masing peserta pawai budaya.

 “Karnaval budaya ini merupakan salah satu kegiatan yang disukai para pelajar dan melalui kegiatan ini juga memperkenalkan beragam pakaian adat yang ada di seluruh Tanah Air,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tengah, Uswatuddin.

Ia menjelaskan para peserta pawai budaya yang digelar dalam rangkai HUT Kota Takengon tersebut menyusuri sejumlah ruas jalan protokol yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara.

 Ada pun pakaian adat yang dikenakan oleh peserta di antaranya pakaian adat kerawang Gayo, pakaian adat Aceh, Jawa, Minang dan pakaian adat dari provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

 Ia menambahkan selain pawai budaya, kegiatan tersebut juga ikut menampilkan sejumlah atraksi yang ikut menyedot perhatian pengunjung seperti tari munalo dan marching band.

Baca juga: Pawai Budaya Keberagaman puncaki Lampung Krakatau Festival 2018
Baca juga: Forum Silaturahmi Keraton Nusantara gelar pawai budaya

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019