Komikus Rumiko Takahashi menangi festival komik Prancis

Jakarta (ANTARA News) – Komikus Jepang Rumiko Takahashi dianugerahi Grand Prix di Festival Komik Internasional Angouleme atas kontribusinya terhadap perkembangan manga alias komik Jepang, kata penyelenggara di Prancis, Rabu (23/1) waktu setempat.

Komikus 61 tahun asal Prefektur Niigata itu dikenal lewat karya “Inuyasha”, Ranma 1/2″, “Urusei Yatsura” dan “Mezon Ikkoku”. Dilansir Kyodo, dia telah menghasilkan sekitar 200 volume komik selama 40 tahun berkarir, menjual lebih dari 200 juta kopi di seluruh dunia.

Baca juga: Komik Jepang mulai fokus pada tokoh orang tua

“Dalam masyarakat yang tidak menerima perbedaan…Rumiko Takahashi selalu fokus menonjolkan orang yang berbeda serta nyentrik,” kata penyelenggara dalam keterangan resmi, menyebut karya-karyanya “sangat progresif”.

Takahashi adalah orang Jepang kedua yang mendapatkan pencapaian seumur hidup itu setelah Katsuhiro Otomo, pembuat komik “Akira” pada 2015. Seleksi tahun ini melibatkan voting dari 1.700 kartunis.

Baca juga: Bincang-Bincang dengan sutradara Crayon Shin-chan (Video)

Festival yang digelar dari Kamis hingga Minggu di kota Angouleme, Prancis, juga menampilkan karya serta lokakarya dari komikus Taiyo Matsumoto dan Tsutomu Nihei.

Festival komik terbesar kedua di Eropa dan terbesar ketiga di dunia ini digelar sejak 1974.

Baca juga: Sri Asih, Gundala, Si Buta dari Gua Hantu siap terbit tahun ini 

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2019