Barbie rayakan ulang tahun ke-60, hadirkan koleksi mutakhir

Jakarta (ANTARA) – Barbie, boneka fashion terpopuler di dunia, merayakan ulang tahun ke-60, Sabtu, dengan menampilkan koleksi baru sebagai penghormatan untuk para perempuan inspiratif dan profesi di mana perempuan kurang terwakili.

Dilansir Reuters, Sabtu, ini adalah bagian dari evolusi Barbie selama beberapa dekade sejak debut di New York Toy Fair pada 9 Maret 1959.

Untuk merayakan ulang tahun ini, Mattel yang memproduksi Barbie menciptakan 20 versi baru yang dibuat dari perempuan inspiratif, mulai dar petenis Jepang Naomi Osaka hingga model dan aktivis Inggris Adwoa Aboah.

Mattel juga mengeluarkan enam koleksi baru di mana Barbie berprofesi sebagai astronot, pilot, atlet, jurnalis, politisi dan pemadam kebakaran, semua bidang di mana perempuan kurang terwakili.

Barbie dibuat oleh Ruth Handler yang terinspirasi dari nama putrinya.

Boneka Barbie sudah memiliki banyak koleksi dengan lebih dari 200 karir, mulai dari dokter bedah hingga pengembang video game sejak debut di mana boneka itu mengenakan baju renang garis-garis hitam putih.

Setelah menuai kritikan bahwa bentuk tubuh Barbie memberikan citra tidak realistis untuk anak-anak perempuan, Mattel menghadirkan variasi baru, mulai dari warna kulit, bentuk tubuh, hingga ada juga boneka berkerudung dan dilengkapi peralatan sains agar boneka itu bisa lebih memberi edukasi.

Baca juga: Barbie luncurkan boneka berkerudung pertama

Baca juga: Margot Robbie bakal bintangi “Barbie”

Baca juga: Barbie luncurkan 17 boneka tokoh perempuan menginspirasi

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019