Optimisme konsumen menurun di bulan Oktober 2018

Optimisme konsumen kembali mencatatkan penurunan setelah sempat meningkat di bulan September 2018 lalu. Dari hasil survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2018 turun 3,2 poin, meski IKK masih ada di level optimistis (>100), yaitu 119,2.

Penurunan tersebut dipengaruhi melorotnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, maupun ekspektasi enam bulan ke depan. Hasil survei itu mencatat, Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) tercatat turun 4 poin menjadi 106,2.

Penurunan itu terjadi karena penurunan pada seluruh komponen pembentuknya, baik indeks ketersediaan lapangan kerja, indeks pembelian barang tahan lama atau durable goods, maupun indeks penghasilan saat ini.

“Penurunan pembelian durable goods, terutama terjadi pada jenis barang elektronik, furnitur, dan perabot rumah tangga,” demikian laporan survei konsumen BI yang dikutip Kontan.co.id, SBOBET Senin (5/11).

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Oktober 2018 turun 2,3 poin menjadi 132,2, yang juga disebabkan oleh penurunan pada seluruh komponen pembentuknya. Indeks ekspektasi konsumen terhadap tersedianya lapangan pekerjaan turun paling dalam sebesar 3,7 poin menjadi 119,5.